Jasa Branding Video Animasi Iklan Branding – Branding atau membangun citra merek bukanlah perkara yang mudah. Apabila salah memilih strategi, merek dari perusahaan tertentu akan memiliki citra yang buruk di masyarakat yang bukan mustahil akan membuatnya kehilangan pelanggan. Salah satu kegiatan branding yang dinilai lebih efektif dibandingkan dengan media promosi yang lain adalah menggunakan sarana video animasi untuk iklan.

Meskipun terkesan sederhana, tetapi menciptakan sebuah video animasi yang mampu membangun citra baik perusahaan bukanlah perkara yang mudah. Maka dari itu, banyak pelaku bisnis bahkan yang memiliki skala nasional atau internasional lebih memilih mempercayakan kegiatan branding video animasi kepada professional yang memiliki keahlian dan skill yang mumpuni dalam bidangnya.

Salah satu jasa professional pembuatan video animasi yang dapat menjadi referensi adalah Unixon yang berlokasikan di Gading Serpong BSD Alam Sutera Tangerang Jakarta (unixon.id).

Sebelum membahas lebih lengkap mengenai video animasi, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu kegiatan branding di dalam sebuah usaha atau bisnis. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan branding.

Apa yang Dimaksud Branding?

Bagi masyarakat awan yang tak mengenal istilah-istilah bisnis, pasti merasa asing apabila mendengar kata branding. Branding berasal dari bahasa inggris brand yang memiliki arti merek. Namun karena berbentuk present continuous, branding memiliki arti yang sedikit berbeda apabila dibandingkan dengan kata dasarnya.

Branding memiliki arti kegiatan perusahaan untuk mengomunikasikan atau membangun brand atau merek. Pada dasarnya branding adalah kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan identitas atau citra perusahaan di mata masyarakat terutama konsumennya. Lebih lanjut seorang ahli bisnis Kotler (2009) juga mengemukakan pendapatnya mengenai kegiatan branding ini.

Menurutnya branding adalah kegiatan pemberian nama, istilah, simbol, tanda, rancangan, atau kombinasi dari semua komponen unsur bisnis dengan tujuan agar produk memiliki identifikasi yang berbeda dari produk sejenis pesaing. Kegiatan bisnis ini memiliki beberapa unsur antara lain nama merek, logo, tampilan visual, juru bicara, suara, dan kata-kata. Terdapat beberapa fungsi dan tujuan dari branding, antara lain.

Pembeda

Tujuan pertama dari branding adalah membentuk citra atau merek perusahaan yang memiliki identifikasi yang berbeda apabila dibandingkan dengan barang sejenis produk dari pesaing. Meskipun memiliki jenis dan fungsi produk yang hampir serupa, tetapi setiap perusahaan akan berusaha untuk menciptakan ciri khasnya produknya masing-masing.

Media Promosi dan Daya Tarik

Tujuan kedua dari branding adalah sebagai media promosi dan daya tarik. Tolak ukur atau indikator dari keberhasilan kegiatan branding dari perusahaan dapat dilihat dari kekuatan brand di pangsa pasarnya. Semakin terencana kegiatan branding yang dilakukan, maka merek atau brand tersebut akan semakin kuat di pasaran. Pada umumnya konsumen akan lebih memilih produk atau jasa yang sudah memiliki nama besar karena dapat lebih dipercaya dan diandalkan.

Membangun Citra Perusaahaan

Tujuan ketiga dari branding adalah membangun citra perusahaan. Inti dari kegiatan branding adalah membangun citra atau nama baik perusahaan di mata masyarakat terutama konsumennya. Selain mudah diingat, citra yang baik atas suatu produk atau jasa mampu meningkatkan rasa loyalitas atau kesetian dari pelanggan.

Pengendali Pasar

Tujuan keempat dari branding adalah menjadi pengendali pasar. Pada umumnya masyarakat lebih memilih produk atau jasa yang mudah dingat, memiliki citra baik, terpercaya, dan memiliki daya tarik. Hal tersebut menjadikan brand atau merek yang telah memiliki nama besar mampu menjadi pengendali pasar di pangsa pasarnya. Selain mampu mengendalikan konsumen, brand yang telah memiliki citra besar dinilai mampu mengendalikan pesaing-pesaing terutama kompetitor baru.

Kelebihan Menggunakan Video Animasi Sebagai Media Promosi

Lebih Dapat Dinikmati Oleh Seseorang Dengan Aktivitas Padat

Kelebihan penggunaan animasi sebagai media promosi yang pertama adalah dapat lebih diterima dan dinikmati oleh seseorang yang mempunyai aktivitas dan mobilitas yang super padat. Video animasi di rasa lebih memiliki daya tarik bagi penontonnya apabila dibandingkan dengan media promosi melalui kertas dan tulisan-tulisan yang memerlukan banyak waktu untuk membacanya.

Video animasi juga dapat diputar di berbagai tempat terutama apabila sudah diupload di website resmi dari usaha tersebut atau official youtubenya. Seseorang yang memiliki mobilitas tinggi biasanya sering menghabiskan waktu di mobil untuk melakukan perjalanan.

Selama perjalanan tersebut, biasanya seseorang lebih sering menggunakan smartphonenya untuk menghibur diri. Nah, di sela-sela waktu tersebut adalah waktu yang tepat bagi pengusaha untuk memasarkan produknya melalui video animasi yang menarik.

Lebih Mudah Dipahami

Kelebihan penggunaan animasi sebagai media promosi yang kedua adalah lebih mudah dipahami oleh penontonnya. Ada kalanya seseorang sulit untuk mengerti dan memahami bacaan yang ditulis oleh orang lain meskipun disertai dengan gambar untuk memperjelasnya. Apalagi bacaan tersebut difungsikan untuk memasarkan suatu produk yang belum penah dikenal oleh masyarakat sebelumnya.

Di sinilah peran video animasi dapat lebih diunggulkan apabila dibandingkan dengan tulisan panjang lebar menjelaskan mengenai suatu produk. Pada umumnya video animasi berisi alur cerita yang membuat penontonnya dapat lebih memahami tujuan atau pesan yang terkandung di dalamnya. Melalui alur cerita ditambah dengan animasi yang menarik, penonton akan mudah menangkap apa yang ingin disampaikan oleh creator video tersebut.

Lebih Lengkap dan Akurat

Kelebihan penggunaan animasi sebagai media promosi yang ketiga adalah lebih lengkap dan akurat. Video merupakan media yang berisi tiga alat komunikasi sekaligus yang meliputi tulisan, gambar, dan audio atau suara dengan masing-masing unsur memiliki hubungan yang saling melengkapi. Ketiga unsur tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang tidak dipisahkan satu sama lain.

Tulisan difungsikan untuk menjelaskan apa yang menjadi tujuan atau pesan yang terkandung di dalam video tersebut. Sedangkan gambar digunakan untuk menambah daya tarik melalui karakter animasi yang menjalankan peran masing-masing melalui sebuah alur cerita. Tak kalah pentingnya, audio pun memiliki fungsi yang cukup kompleks di dalam sebuah video. Suara atau audio mampu menambah efek dramatis yang membuat penonton dapat lebih memahami tujuan video tersebut. Maka dari itu, video yang terdiri dari ketiga unsur tersebut di rasa lebih unggul apabila dibandingkan dengan promosi yang menggunakan satau atau dua dari unsur-unsur tersebut.

Memiliki Efek Entertaining Bagi Penontonnya

Kelebihan penggunaan animasi sebagai media promosi yang keempat adalah memiliki efek entertaining bagi penontonnya. Maksud entertaining di sini adalah penonton tak perlu berfikir keras untuk memahami apa yang ingin disampaikan oleh writer layaknya promosi melalui media tulisan. Melalui video animasi penonton hanya disuguhkan oleh karakter yang menjalankan perannya masing-masing dtambah dengan audio yang mampu menambah efek dramatis sehingga penonton akan terhanyut dalam alur cerita.

Ketertarikan masyarakat untuk melihat promosi melalui media video animasi dibuktikan dengan tingginya angka penonton televisi dibandingkan dengan pembaca koran atau media lain. Maka dari itu, pada saat ini banyak pelaku usaha yang berlomba-lomba untuk membuat video promosi yang menarik agar nilai penjualan produknya meningkat.

Demikian sedikit ulasan mengenai jasa video animasi untuk iklan yang meliputi penjelasan singkat mengenai kegiatan branding beserta beberapa tips untuk menciptakan video yang mampu menarik minat pelanggan. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk memperoleh informasi yang anda butuhkan.