Jasa Desain Branding & Packaging Profesional – Kemasan atau packaging merupakan salah satu faktor yang menjadi daya jual dari produk tersebut. Apabila kemasan atau packaging dari produk tersebut menarik, maka calon pelanggan akan tertarik pula untuk membelinya. Namun sebaliknya, apabila kemasan atau packaging dari suatu produk tidak menarik, maka calon pelangganpun enggan untuk membelinya.

Jasa Desain Branding dan Packaging Profesional

Maka dari itu, untuk memulai suatu usaha, anda harus mempertimbangkan matang-matang mengenai desain dari kemasan produk yang akan anda pasarkan. Di era digital ini, para pelaku usaha yang tak memiliki cukup modal, tak perlu merasa risau lagi untuk mengeluarkan dana memperkerjakan karyawan dalam bidang desain. Hal tersebut dikarenakan merajalelanya bisnis yang menawarkan jasa desain branding packaging produk.

Menggunakan jasa desain branding packaging dirasa lebih praktis karena hasil yang didapat juga lebih maksimal karena ditangani langsung oleh ahlinya. Salah satu jasa desain branding yang unggul dan memiliki kualitas yang unggul dalam pelayanannya adalah UNIXON.

UNIXON adalah solusi yang tepat bagi anda yang memiliki usaha namun hanya memiliki penjualan yang minim karena desain produk yang monoton. Jasa desain branding packaging yang satu ini memberikan jaminan bahwa kliennya akan mendapatkan peningkatan penjualan hingga dua hingga tiga kali lipat.

Selain melayani jasa desain branding packaging, UNIXON juga menyediakan jasa yang lain seperti membangun citra perusahaan, membuat video penjelasan produk, pembuatan website, SEO & pemasaran digital,hingga pengurusan media sosial perusahaan.

Bagi anda yan tertarik menggunakan jasa desain branding packaging yang satu ini dapat mengunjungi website resmi UNIXON yaitu https://unixon.id/. Atau langsung menghubungi contact person di nomor 083874180001. Untuk menambah pengetahuan anda mengenai pentingnya desain branding packaging, berikut ini adalah ulasan singkatnya.

Pentingnya Packaging untuk Produk Usaha

Daya Tarik konsumen

Pentingnya packaging untuk produk usaha yang pertama adalah menjadi daya tarik untuk konsumen. Tak dapat dipungkiri bahwa salah satu penentu daya tarik konsumen untuk membeli suatu produk adalah packaging atau kemasan. Kemasan yang menarik dan unik dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk yan dipasarkan tersebut.

Pada umumnya, perusahaan membentuk tim khusus dalam bidang marketing untuk melakukan rise terlebih dahulu mengenai skema warna, desain, dan jenis packaging sebelum produk diluncurkan dan dipasarkan ke masyarakat.

Informasi Kegunaan Produk Bagi Konsumen

Pentingnya packaging untuk produk usaha yang kedua adalah menyediakan informasi perihal kegunaan produk tersebut bagi konsumen. Pada umumnya kemasan atau packaging dari produk menjelaskan mengenai jenis produk, cara pakai, nilai gizi, dll.

Selain desain kemasan yang menarik, informasi kegunaan produk juga menjadi penentu minat konsumen untuk membeli suatu produk. Misalnya, sebelum membeli susu bubuk, ibu-ibu membaca dengan teliti terlebih dahulu mengenai cara penyajian dan nilai gizi dari berbagai merek susu.

Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, barulah para ibu tersebut menentukan pilihan. Maka dari itu, selain desain kemasan, penulisan dan tata letak informasi produk pada kemasan menjadi hal yang sangat penting pula.

Diferensiasi Produk

Pentingnya packaging untuk produk usaha yang ketiga adalah diferensiasi produk. Diferensiasi produk adalah salah satu ciri yang dimiliki suatu produk yang mampu membedekannya dengan produk lainnya yang sejenis. Meskipun pada umumnya produk-produk yang sejenis memiliki desain packaging baik berupa warna, bentuk, hingga kemasan yang sama, namun setiap produk memiliki ciri khas yang diciptakan dengan tujuan agar konsumen mampu membedekannya dengan produk lain sejenis.

Mudah Dalam Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

Pentingnya packaging untuk produk usaha yang keempat adalah mudah dalam mendapatkan loyalitas pelanggan. Desain yang menarik dan sesuai dengan keinginan pelanggan akan membuat konsumen percaya untuk menggunakan produk tersebut secara terus-menerus meskipun muncul berbagai produk baru yang sejenis.

Branding yang baik juga akan menciptakan citra yang baik yang akhirnya akan menciptakan kesan unggul di mata pelanggan. Setelah mendapatkan kesan yang baik, pelanggan tidak akan merasa rugi meskipun menggunakan produk tersebut dalam jangka panjang.

Tips Mendesain Kemasan Agar Terlihat Menarik

Memadukan Berbagai Warna yang Menarik

Seperti yang kita ketahui bahwa mata manusia didesain memiliki ketertarikan terhadap hal-hal yang memiliki warna mencolok dan berwarna-warni. Pengetahuan tersebut dapat diaplikasikan pula dalam kegiatan berbisnis dengan mendesain produk dengan warna-warna yang mencolok. Selain warna yang mencolok, perpaduan dari berbagai warna tersebut harus memiliki keunikan sehingga menarik perhatian pelanggan. Salah satu tips bagi anda yang akan mendesain kemasan produk adalah membuat packaging yang terkesan ceria dan memilih warna yang sesusai dengan kertas yang akan digunakan sehingga hasil cetak akan lebih maksimal.

Membuat Sesuatu yang Melingkar

Apabila anda memiliki desain bentuk produk yang melingkar, maka anda harus memikirkan pula desain kemasan yang cocok dan menarik untuk bentuk produk tersebut. Contoh dari desain bentuk produk yang melingkar adalah susu atau minuman dalam bentuk botol. Pada umumnya produk dengan bentuk botol atau melingkar memerlukan desain kemasan khusus di mana pelanggan tetap memiliki ketertarikan walaupun melihat kemasan produknya dari samping atau belakang.

Membuat Packaging Sebagai Standar Marketing

Menjadi leader dalam pangsa pasar suatu produk merupakan keinginan dari semua pengusaha di industri bisnis. Apabila anda adalah pioneer atau penemu dari suatu produk yang belum dikembangkan oleh pengusaha lainnya, maka anda berkesempatan untuk mencipatakan standar marketing dari packaging produk yang anda pasarkan.

Kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh pengusaha pemula dalam hal mendesain produknya adalah membuat packaging tanpa adanya standar khusus. Maksud dari standar khusus adalah packaging atau desain kemasan dari produk serupa yang beredar di pasaran.

Contohnya, apabila anda memulai usaha teh celup di mana produk serupa dari pesaing yang beredar di pasaran memiliki warna kemasan hijau muda, maka kemasan dan warna  dari produk teh anda harus memiliki kesamaan dengan produk yang lain dengan mengambil warna yang senada.

Salah satu keuntungan apabila anda adalah pengusaha pertama yang mengembangkan suatu produk, anda dapat menciptakan standar khusus tersebut, sehingga anda menjadi brand awareness bagi para pelanggan ataupun kompetitor.

Desain Packaging yang Menarik

Apabila anda adalah orang yang kreatif dan terus merasa ingin mengembangkan diri dan usaha yang didirikan, maka anda akan terus berinovasi dalam berbagai bidang salah satunya adalah inovasi dalam hal desain branding packaging dari produk yang dipasarkan.

Selain menerapkan ketiga tips di atas, anda juga dapat terus berinovasi agar pelanggan terus memiliki ketertarikan terhadap produk yang anda kembangkan. Salah satu contoh inovasi branding packaging yang dilakukan oleh produsen cola ternama di dunia yaitu coca cola adalah dengan menyelipkan kata-kata mutiara, pepatah, nama, atau lelucon sehingga tetap menjadi trending di kalangan masyarakat.

Hal tersebut dilakukan agar pelanggan tetap memilih coca cola dibandingkan dengan produk sejenis yang diproduksi oleh kompetitor.

Demikian sedikit ulasan mengenai jasa desain branding packaging yang meliputi pentingnya packaging dan beberapa tips mendesain packaging agar terlihat menarik. Semoga artikel ini dapat membantu anda dengan menyediakan informasi yang anda butuhkan.